Susun Jejak Perjuangan Hadji Boejasin, Dispusip Tala Gelar Seminar

oleh -232 Dilihat
Teks foto. Peserta Seminar yang digelar oleh dinas kepustakaan Tala (Istimewa)

INIBERITA.id, PELAIHARI- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Tanah Laut (Tala) menggelar seminar sejarah, guna menyusun Jejak Perjuangan Hadji Boejasin dalam Perang Banjar, pada Selasa (21/05/2024) di Ruang Bermain Anak Dispusip Tala.

Seminar sehari tersebut, dibuka secara resmi langsung, oleh Plt Kepala Dispusip Tanah Laut (Tala) yang di wakili, oleh Sekretaris Dispusip Tala Andra Eka Putra.

Kepala Kasubbag Umum dan Kepegawaian Dispusip Tala Hanil Sadikin mengatakan, digelarnya seminar sejarah ini untuk lebih mengenal sosok Hadji Boejasin, khususnya kepada kaum pelajar Pelaihari.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menambah khasanah arsip sejarah, termasuk pahlawan-pahlawan yang ada Tanah Laut,” kata Hanil, usai kegiatan tersebut.

Selanjutnya,  Ketua Serekat Sejarah Tala Jali mengungkapkan, dirinya berharap dengan menyusunnya jejak perjuangan sosok pahlawan yang lahir, di Desa Sabuhur  yang bernama Hadji Boejasin, bisa masuk menjadi pahlawan nasional.

“Kami berharap dengan adanya jejak perjuangan Hadji Boejasin ini, nama beliau bisa mengikuti jejak Pangeran Antasari yang telah tercatat sebagai pahlawan nasional,”ungkap Jali berharap.

Kegiatan seminar ini, sebagai narasumber, dari Dosen Pengajar Program Studi Pendidikan Sejarah, PIPS,  FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yakni Mansyur.

Adapun, para peserta diantaranya pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan, para guru, organisasi kemasyarakatan, Tim Sarekat Sejarah Tala, dan Tim Naskah Kuno Tanah Laut. (Diskominfo Tala/iniberita).