Warga Balangan Padati Pasar Murah

oleh -1655 Dilihat
teks photo : Warga Desa Hamarung, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan saat berbelanja di pasar murah yang diadakan oleh pemerintah daerah, Rabu (21/2/2024).

INIBERITA.Id, BALANGAN –  Warga Desa Hamarung, Kecamatan Juai, memadati pasar murah yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, karena harga sembako lebih murah dari harga di pasaran saat menjelang Nisfu Syaban.

“Harganya sangat murah sekali dibanding harga di pasaran, di pasar murah yang diadakan pemerintah daerah ini selisihnya lumayan dari Rp2000 hingga Rp3000,” kata salah satu warga setempat Hernani di Balangan, Rabu (21/2/2024).

Hernani menuturkan yang paling signifikan yaitu harga sembako seperti minyak goreng yang selisihnya Rp3000 dari pasaran, tepung selisih Rp2000 dan gula juga selisihnya Rp2000.

Kepala Bidang Standarisasi, Stabilisasi, dan Pengawasan Perdagangan Disperindag Balangan,  Riza Kurniawan mengungkapkan,  saat mendekati Nisfu Syaban biasanya bahan pangan yang ada di pasaran banyak yang membeli dengan jumlah banyak untuk menggelar acara peringatan maulid.

“Biasanya warga banyak menyetok bahan makanan saat mendekati nisfu syaban ini, salah satu upaya kami untuk membantu warga yaitu dengan melaksanakan pasar murah dengan harga yang murah juga,” ungkap Riza.

Riza mengatakan kegiatan ini juga untuk membantu warga mendapatkan bahan pangan dengan harga yang lebih terjangkau dari harga pasar, serta mengantisipasi adanya kekurangan sembako.

Baca Juga :   Anggota Komisi X DPR-RI Berikan Pujian Ke Pemkab Balangan

Riza menyebutkan bahan makanan yang dijual per jenis bahan dengan harga yang lebih murah hingga Rp3000 per itemnya, adapun bahan makanan yang dijual yaitu seperti gula pasir, minyak goreng, telur ayam dan beras.

Adapun untuk harga gula pasir di pasar murah yaitu Rp15.000 per kilogram, minyak goreng Rp14.000 per liter, telur ayam Rp25.000 per kilogram dan beras Rp54.000 per lima liter, tepung Rp8.000 per kilogram.

Sedangkan harga di pasar untuk gula pasir kisaran Rp18.000 per kilogram, telur ayam Rp28.000 per kilogram, minyak goreng Rp16.000 per liter.

Diketahui sebelumnya pasar murah juga telah dilaksanakan di Desa Galumbang Kecamatan Juai, Desa Simpang Tiga Kecamatan Lampihong dan Desa Mauya Kecamatan Halong.(iwn/iniberita).