Warga Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan Cuaca Ekstrem

oleh -42 Dilihat
Anggota DPRD Kota Banjarmasin H Taufik Husin dari PDI Perjuangan warga diminta tingkat kewaspadaan cuaca eketrem saat ini.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- DPRD Kota Banjarmasin mengimbau masyarakat kota untuk mewaspadai cuaca ekstrem, berupa hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang sekarang terjadi.

Terutama masyarakat yang tinggal di daerah bantaran sungai, hendaknya meningkatkan kewaspadaannya, sebab cuaca seperti ini akan berpotensi banjir, karena biasanya air pasang naik, ditambah air hujan yang cukup lebat tersebut.

Anggota DPRD Kota Banjarmasin H Taufik Husin mengatakan, karena intensitas curah hujan cukup tinggi ini, akan kembali berpotensi meluap air DAS Barito dan Sungai Martapura, paling tidak ada genangan air disejumlah permukiman di Kota Banjarmasin.

Ditambah lagi kondisi drainase di Kota Banjarmasin, lebih kondisi drainase di daerah permukiman dan komplek, masih belum maksimal sebagai tempat pembuang air, ketika kondisi seperti ini, oleh sebab masyarakat harus meningkat kewaspadaan, dalam kondisi cuara ekstrem ini.

”Kita berharap masyarakat Banjarmasin terus meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi cuaca ekstrem sertai banjir musiman ini,” katanya, kepada Iniberita.id

Anggota komisi IV DPRD Kota Banjarmasin ini menjelaskan, berdasarkan pemantauan dan informasi yang dirinya dapatkan, ada beberapa kawasan saat air pasang naik dan tergenang sampai dijalanan permukiman, untung saja kondisi seperti ini tidak terlalu lama terjadi.

Baca Juga :   "Catatan Ringan Sukhrowardi " Milad kota Banjarmasin ke-496 Penataan Infrastruktur, Kawasan Kumuh dan Komitmen Bersama

Sebab, berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sudah mengingat kepada masyarakat, terutama kota yang berpotensi terjadi cuca ekstrem tersebut.

“Maka tidak salahnya masyarakat Banjarmasin juga memperhatikan, imbau-imbau itu, agar lebih meningkatkan kewaspadaan, terhadap cuara ekstrem tersebut,”jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, warga Banjarmasin khususnya yang naik kendaraan pribadi, jika sedang menggunakan jalan untuk berhati-hati, dengan kondisi cuaca ekstrem ini.

“Karena potensi terjadinya pohon tumbang bisa terjadi, lantaran curah hujan yang tinggi disertai angin kencang,”tegasnya.(benk)