17 Sekolah Balangan Ditetapkan Jadi Sekolah Penggerak

oleh -13 Dilihat
Teks foto. Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Balangan Akhmad Rizali.

INIBERITA.id, BALANGAN- Sebanyak 17 sekolah dari jenjang Taman Kanak-kanan hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Balangan, ditetapkan menjadi sekolah penggerak, oleh program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

“Bantuan ini diberikan selama tiga tahun berturut-turut dan pada tahun 2022 terdapat 14 sekolah yang masuk menjadi sekolah penggerak, tahun 2023 ini bertambah lagi tiga sekolah,” kata Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Balangan Akhmad Rizali, di Paringin. Selasa (24/1/23).

Dia melanjutkan, sekolah yang ditetapkan menjadi sekolah penggerak, akan mendapatkan bantuan tambahan yaitu untuk Taman Kanak kanak (TK) sebesar Rp50 juta, Sekolah Dasar (SD) sebesar Rp80 juta dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar Rp120 juta.

Rizali menjelaskan, untuk bisa menjadi sekolah penggerak perlu menjadi agen perubahan karena peran kepala sekolah sangat besar untuk membantu menjadi sekolah penggerak.

Kemudian, perlu adanya inovasi hingga dalam melakukan pembelajaran di sekolah ada pembeda serta lebih mengoptimalkan proses pembelajaran yang ada.

Selain itu ujarnya, Kabupaten Balangan juga mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Prestasi, oleh 15 sekolah di Balangan untuk jenjang SD dan SMP yang mana besarannya adalah 35 persen dari BOS reguler

Baca Juga :   Pra Seleksi Capaska 2023, PPI Balangan Gelar Latihan Gabungan

“Tentunya yang mendapatkan adalah sekolah yang memiliki prestasi dan penilaiannya langsung dilakukan oleh pemerintah pusat sendiri,”ujar Rizali.

Diketahui, program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini tak semua daerah bisa meraihnya di Kalimantan Selatan, dan hanya ada enam kabupaten yang terdapat sekolah penggerak satu di antaranya adalah Kabupaten Balangan.(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.