Dandim: Festival Dayak Deah Potensi Daerah Luar Biasa

oleh -13 Dilihat
Foto. Dandim 1001/HSU-BLG Dhuwi Hendradjaja bersama bersama pihak Desa Liyu usai menggelar kegitan dialog tokoh di Balai Adat setempat.

INIBERITA.id, BALANGAN- Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja menyatakan, bahwa festival Dayak Deah merupakan potensi daerah yang sangat luar biasa, digelar di Balai adat Desa Liyu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan tersebut.

“Kegiatan festival Dayak Deah ini dinilai sangat luar biasa potensinya apalagi sampai dipromosikan, tentunya sangat berdampak besar, bagi pariwisata lokal di Kabupaten Balangan,” kata Dhuwi kepada media di Paringin, Minggu (28/8/22).

Letkol Inf Dhuwi Hendrajaja mengapresiasi, bahkan mengajak warga masyarakat untuk selalu menjaga dan memelihara budaya yang ada, di Desa Liyu untuk bisa dinikmati sampai kapanpun.

Sementara itu Kepala Desa Liyu Sukri menjelaskan, bahwa acara dialog tokoh ini, merupakan salah satu rangkaian awal, dari acara yang ada di Kabupaten Tabalong.

“Mereka mengadakan festival budaya dan yang di dalamnya ada tiga rangkaian kegiatan yang pertama rembuk adat, pasar budaya dan kemping wisata, jadi kegiatan rembuk ini bagian utama dari kegiatan tersebut,” jelas Sukri.

Diketahui, Festival Budaya Dayak Deah akan diadakan, pada 10-11 September 2022 di Desa Pangelak Kabupaten Tabalong, dengan menampilkan berbagai atraksi, di antaranya atraksi manjat pohon manau berduri dan berbagai atraksi lainnya.

Baca Juga :   Merasa Dirugikan Pemda, Pedagang Pujasera Ngadu Ke DPRD Balangan

Kemudian, beragam kuliner khas Dayak Deah, tari-tarian, aneka kerajian, peralatan hidup Dayak Deah, herbal dan obat-obatan khas Dayak Deah.(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.