Baznas Kalsel Angkat UMKM Binaan Dalam Karnaval Ramadan

oleh -201 Dilihat
Asisten I Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mewakili Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Ketua Baznas Kalsel Irhamsayah Safari meninjau UMKM

INIBERITA.id, BANJARMASIN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Karnaval Ramadhan di Jalan Jahri Saleh, Kelurahan Sungai Jinggah, Banjarmasin Utara.

Kegiatan dibuka resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mewakili Walikota Banjarmasin H.Ibnu Sina.

Ketua Baznas Kalsel, Irhamsyah Safari mengatakan karnaval Ramadan ini menggandeng para pelaku usaha kecil yang terdiri dari 50 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya yang dibuka selama bulan Ramadan.

Ia mengatakan, karnaval Ramadan ini membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya dengan menjual aneka makanan olahan rumah yang bisa dijadikan makanan berbuka puasa.

“Mereka kami bantu dalam penjualan. Sistemnya selain datang langsung juga dijual secara online yang sudah disiapkan oleh IT Baznas, “ujarnya.

Ia berharap, dalam momentum bulan suci Ramadhan ini para pelaku UMKM binaan bisa mengembangkan usaha rumahan mereka melalui acara Karnaval Ramadhan.

“Dengan diberikan keterampilan, modal, alat kerja mereka bisa mandiri. Tentunya ini mendorong ibu-ibu atau bapak-bapak yang mempunyai keterampilan tapi ketiadaan modal. Bisa bergairah lagi untuk membangun usahanya,” harapnya.

Sementara itu, Machli Riyadi memberikan apresiasi kepada Baznas yang telah menggandeng UMKM binaan dalam Karnaval Ramadhan ini.

Karnaval ini dapat mendorong para UMKM kota Banjarmasin kembali bergairah dan semangat yang diharapkan dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Apalagi, selama pandemi covid-19 dua dua tahun sangat berdampak pada perekonomian masyarakat.

“Dengan cara ini UMKM baru seperti ini, tentunya dapat mendorong bangkitnya roda ekonomi rakyat,”ungkapnya(gus/iniberita)