Desa Kapul Dinobatkan Jadi Kampung Pancasila

oleh -45 Dilihat
Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Inf Aldin, didampingi Danramil Halong Didik serta warga perwakilan masyarakat adat dayak Desa Kapul Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN – Desa Kapul Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan dinobatkan menjadi Kampung Pancasila, oleh Kodim 1001/HSU-Balangan, karena dikenal sebagai desa yang memiliki kehidupan masyarakat homogen.

“Program Kampung Pancasila ini adalah program dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang dijalankan jajaran Kodim se Indonesia, termasuk Kodim 1001/HSU-Balangan,” kata Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Inf. Aldin Hadi di Paringin, Senin (4/4/22).

Menurut Dandim 1001/HSU- Balangan, hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri, bagi warga Desa Kapul saat kampung mereka dipilih sebagai Kampung Pancasila, sebab, warga Desa Kapul didominasi suku adat dayak yang menjunjung tinggi nilai agama, adat dan norma serta budaya.

Aldin Hadi optimis, Desa Kapul akan menjadi tolak ukur atau indikator bagi desa lainnya untuk mengikuti jejak yang sama.

“Terlebih dalam keragaman tersebut, tercipta pula kesenian yang menggambarkan atau melambangkan kebersamaan masyarakat setempat,”ungkap Letkol Inf Aldin Hadi.

Sementara itu, perwakilan masyarakat adat dayak Desa Kapul Syahdi mengatakan, rasa bangga dan bahagianya atas dinobatkan Desa Kapul, sebagai Kampung Pancasila. Karena Desa Kapul memiliki masyarakat homogen yang terdiri dari berbagai macam agama dan suku serta golongan.

Baca Juga :   SDIT-SMPIT Darul Fikri Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Ia berharap, Desa Kapul dapat menjadi tolak ukur dan contoh kehidupan bermasyarakat yang rukun walau banyak perbedaan. Sehingga berawal dari kampung kecil akan memberikan contoh untuk menjadi bangsa yang besar.

“Sampai sekarang walau berbeda, keharmonisan, kebersamaan dan gotong royong tetap terjalin meskipun beda keyakinan,”katanya.(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.