BIN Kalsel Gencar Vaksinasi Hingga ke Dusun Terpencil

oleh -21 Dilihat
Foto. Petugas kesehatan BIN Daerah Kalsel saat melakukan vaksinasi kepada warga Dusun Libaru Sungkai, Desa Binuang Santang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN- Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Balangan, gencar melaksanakan vaksinasi kepada penduduk, hingga ke dusun terpencil di Kabupaten Balangan.

Ketua Adat wilayah Desa Binuang Santang Gapure menyampaikan, dirinya terima kasih atas kehadiran tim vaksinasi dari BIN dan dinas terkait yang telah memberikan pelayanan kesehatan serta melaksanakan vaksinasi Covid-19, bagi warga Dusun Libaru Sungkai, Desa Binuang Santang, Kecamatan Halong.

“Kedatangan tim vaksinasi ke tempat kami, menggambarkan bentuk pelayanan mereka yang luar biasa, hingga ke wilayah terpencil seperti tempat kami ini,” ungkap Gapure di Paringin, Rabu (17/8/22).

Sementara itu, Kepala BIN Daerah Kalsel Brigjen Pol Dr Heri Armanto menjelaskan, pihaknya tidak bisa hanya mengandalkan satu institusi saja, tetapi semua komponen harus bergerak bersama-sama, dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19 ini.

Sebab, pihaknya sendiri hingga sekarang, terus gencar memberikan fasilitas dan pelayanan kesehatan itu, agar vaksinasi Covid-19 ini terus berlanjut, sebagai upaya mendukung rencana pemerintah untuk mendorong, transisi pandemi ke endemi.

Baca Juga :   Kodim 1001/HSU-BLG Ikuti Rakor Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan Ketiga

“Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, sepertinya masyarakat terpencil, sangat terlihat sangat antusias berdatangan untuk memeriksakan kesehatan serta melakukan vaksinasi,”jelasnya.Perlu diiketahui ujarnya, kawasan ini merupakan wilayah terpencil, di Balangan yang berada di lereng pegunungan meratus, bahkan menjadi kawasan perbatasan.

Artinya, tidak mudah untuk menjangkau daerah ini, jalan setapak dan melintas di jalur pegunungan, membuat tim harus lebih ekstra mengerahkan tenaga, bahkan dibutuhkan kemampuan berkendara untuk bisa sampai ke tujuan.

Dari ibu kota Kabupaten Balangan yakni Paringin, jarak tempuh menuju Dusun Libaru Sungai bisa mencapai empat jam, “ Terlebih harus melewati medan pegunungan yang menantang dan hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua,”ujarnya.(Wan/iniberita)