Hasnuryadi Buka Bimtek Pengembangan Wirausaha Baru Industri Kecil Menengah

oleh -232 Dilihat
Anggota Komisi VII DPR-RI H Hasnuryadi Sulaiman, Kementerian Perindustrian RI Budi Hartono dan Perwakilan Kadis dan peserta berfoto bersama.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Anggota Komisi VII DPR-RI H Hasnuryadi Sulaiman, membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek), Wirausaha Baru (WUB) Industri Kecil Menengah (IKM), disalah satu Hotel berbintang di Kota Banjarmasin.

Kegiatan Bimtek ini bekerjasama, dengan Kementerian Perindustrian RI dan diikuti 240 peserta, 120 orang peserta mengikuti secara langsung di Kota Banjarmasin, sedangkan sisanya peserta, dari luar daerah mengikuti secara virtual, diantaranya Kabupaten Tanah laut, Tanah Bumbu, Kotabaru dan Banjarbaru, kemudian kegiatan ini selama 4 hari, mulai hari Senin hingga Kamis 21- 24 Maret 2022.

Menurut Hasnuryadi, tujuan dari kegiatan Bimtek Wirausaha Baru Industri Kecil Menengah (WUB-IKM) ini, dalam rangka untuk memberikan inovasi pemikiran, kepada pelaku usaha dan menciptakan lapangan kerja dibidang usaha baru di banua ini.

Dan setiap daerah diberikan bimbingan teknis yang berbeda-beda tentang cara WUB-IKM tersebut, dengan berbagai jenis usahanya masing-masing, seperti WUB-IKM Jasa Reparasi AC, WUB-IKM Perbengkelan Roda dua, WUB-IKM Furniture Kayu, WUB-IKM Makanan Ringan, WUB-IKM Pembuatan Roti dan WUB-IKM Batik atau Sasirangan.

Baca Juga :   Gubernur Sahbirin Noor Melepas Kontingan Atlet FORKI Kalsel Kejurnas 2022

“Setelah kegiatan saya berharap dapat berkontribusi untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat banua nanti,”ujarnya, kepada media. Senin (21/3/22).

Perlu diketahui tegas Hasnur panggilan akrabnya, Bimtek bukan membuka wawasan peserta dan mendapat permodalan serta pendampingan kepada para pelaku usaha.

Artinya, pihaknya tidak melepas begitu saja, namun terus pihaknya pantau, sejauhnama perkembangan usahanya kedepan, karena sebelum melaksankan bimtek ini, pihaknya melakukan survey, dengan daerah mana yang cocok untuk usaha yang nantinya mereka jalan.

“Kita tidak melepas begitu saja mereka ini, namun kami berharap bisa berkembang dan tumbuh usah-usaha baru, terutama industry kecil menengah untuk daerah,”tegasnya.

Sementara itu, Koodinator fungsi program Kementerian Perindustrian RI Budi Hartono mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat diaplikasikan langsung, oleh para pelaku usaha yang ikut bimtek ini.
“Sebab bimtek ini bukan diberikan secara teori, namun pihaknya memberikan praktek langsung, para pelaku usaha tersebut,”katanya.

Kemudian, salah satu peserta dari Banjarmasin Rahmalina mengungkapkan, secara pribadi dirinya berterima kasih, telah diikut sertakan kegiatan bimtek ini, sebab banyak ilmu diberikan oleh narasumber untuk membuka wawasannya.

Baca Juga :   Habib Banua Laksanakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan
peserta berfoto bersama

“Karena semua peserta khususnya diri pribadinya bisa membuka peluang usaha dan mengembangkan lagi,”ungkapnya.(ridho/iniberita.id)