Kelurahan Sundai Pama Gelar Vaksinasi Lansia

oleh -66 Dilihat
Lurah Pasar Lama Yandi Gunawan menyatakan, kegiatan vaksinasi lansia Baiman II dilakukan seluruh di 52 kelurahan, sasaran vaksinasi massal ini adalah Lansia.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara dan Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah, sama-sama gencar menggelar vaksinasi untuk Lanjut Usia (Lansia).

Karena kelurahan ini, sebagai ujung tombak pelayanan Pemko Banjarmasin yang terendah dan sering bersentuhan langsung kepada masyarakatnya, maka dimanfaatkan sebagai pencapaian target, dalam memberikan vaksinasi untuk Lansia dan masyarakat umum.

Lurah Sungai Andai Ahmad Dedy Fernandi menjelaskan, untuk pencapaian target warganya divaksin untuk hari ini tercatat sekira 50 orang yaitu, Lansia 3 orang dan masyarakat umum 47 orang, baik vaksin 1,2 hingga vaksin 3.

Dengan demikian tatal Lansia yang divaksin, dalam kegiatan Pekan vaksinasi sampai hari ini mencapai 15 orang Lansia. Menurutnya, kegiatan ini sebagai upaya dari Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, bersama Polri dan TNI dalam mendukung tatget capaian vaksinasi kota Banjarmasin.

“Diharapkan sampai akhir Maret tercapai target Vaksinasinnya, terbukti saat menggelar vaksinasi antusiasme aasyarakat sudah cukup baik, dalam mendukung kegiatan ini sekitar 60 persen Lansia sudah divaksin,”jelasnya. Senin (14/3/22)

Kemudian, Lurah Pasar Lama Yandi Gunawan mengatakan, kegiatan vaksinasi lansia Baiman II dilakukan seluruh di 52 kelurahan. Sejak Rabu (9/3) hingga Selasa (15/3) ditargetkan dapat memberikan vaksin, pada lansia setiap harinya.

Kegiatan vaksin lansia ini, ternyata disambut antusias, meski terbilang banyak berminat dan bersedia divaksinasi, namun para lansia terpaksa tidak bisa mengikuti, vaksinasi baik dosis 1 maupun dosis 2.

“Karena komorbit terpaksa para Lansia tidak bisa dilakukan vaksinasi dan ini banyak dipulangkan,”katanya.

Diungkapkan Yandi, kegagakan vaksinasi bagi Lansia tersebut, dikarenakan, saat serangkaian tes dasar kesehatan, ternyata banyak tekanan darah tinggi, serta kadar gula darahnya dan diabetes.

“Rata -rata lansia yang bisa divaksin satu orang hingga dua orang, hingga hari ini (Senin) sekitar 17 lansia yang sudah vaksin dosis 1 ataupun dosis 2, “ungkapnya.

Sementara, Plt. Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Doyo Pudjadi mengatakan, vaksinasi lansia digelar serentak di 52 kelurahan dengan target satu kelurahan 100 lansia sehingga bisa bertambah. (gus/iniberita.id)