Kondisi Pipa PDAM Tua, Distribusi Air Terganggu

oleh -16 Dilihat
Senior Manager Sekretaris Perusahaan PDAM Bandarmasih R Sudrajat, perpipaan sudah tua berdampak distribusian air bersih sering terganggu khususnya pelanggan pinggiran

INIBERITA. id, BANJARMASIN- Akibat kondisi perpipaan yang dimiliki Perusahaan PDAM Bandarmasih, sudah tua dan usianya diatas 30 tahun, sehingga berdampak pendistribusian air bersih, sering terganggu dan tak lancar.

Menurut Senior Manager Sekretaris Perusahaan PDAM Bandarmasih R Sudrajat, apabila dipaksakan pendistribusian air bersih ditekan atau ditinggikan, maka dikhawatirkan pipa bisa pecah dan ini lebih fatal lagi, akhirinya seluruh pelanggan gangguan.

Oleh sebab itulah, pihaknya tak bisa meningkatkan tekanan pompa tersebut, karena kondisi perpipaan sudah tua, maka dampaknya pelanggan yang di wilayah ujung krisis air, seperti yang dialami masyarakat Tanjung Pagar Banjarmasin Selatan, Tanjung Berkat Banjarmasin Barat.

“Karena beresiko tinggi dan lebih parah lagi gangguan distribusinya, apabila ditinggikan tekanan pompanya, maka tak kami bisa lakukan tekanan itu,” ungkap Sudrajat.

Untuk peremajaan pipa itu tegas Sudrajat, Perusahan PDAM Bandarmasih hingga masih terkendala anggaran dan untuk mengatasi itu, Perusahaan PDAM Bandarmasih harus menyediakan dana ratusan miliar untuk peremajaan pipa tersebut.

Apalagi, pihak Perusahaan PDAM sekarang ini, mengalami penyusutan laba dalam lima tahun terakhir, pada 2021 saja hanya Rp 3,51 miliar, sedangkan untuk biaya operasional setiap tahunnya terus bertambah, artinya pihak PDAM Bandarmasih perlu suntikan tambahan dana.

Baca Juga :   Dampak Ketidak Adanya TPS, Warga Buang Sampah Sembarangan

“Oleh karena itu Perusahaan PDAM Bandarmasih perlu adanya penyertaan modal dari pemerintah daerah,” tegasnya.

Lebih jauh Senior Manager Sekretaris Perusahaan PDAM Bandarmasih ini menjelaskan, untuk menutupi terganggunya atas pendistribuian air bersih kepada pelanggan, pihaknya memberikan pelayanan tangki gratis, sebagai kompensasi atas tidak lancarnya air ke pelanggan.

Seperti sekarang ini yang diberikan pelayanan, masyarakat Tanjung Pagar dan Tanjung Berkat dan mereka tinggal menyediakan tandon-tandon saja.

“Pelayanan ini salah satu upaya Perusahaan PDAM Bandarmasih memberikan pelayanan dibalik masih adanya kekurangan pendistribusian air bersih,” jelasnya.(benk/iniberita).