Paman Birin Pimpin Apel Mitigasi Kahutla dan Kekeringan

oleh -116 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, BANJARBARU- Musim kemarau panjang yang melanda sebagian wilayah Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan telah menimbulkan berbagai dampak negatif bagi masyarakat, salah satunya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta kekeringan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel terus melakukan berbagai langkah dalam menangani Karhutla yang belakangan sering terjadi, termasuk dengan menggelar Apel Mitigasi Penanganan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Serta Kekeringan yang dipimpin Paman Birin Gubernur Kalsel, bertempat di depan halaman Kantor Gubernur Kalsel, Banjarbaru. Sabtu (9/9/23) pagi.

Paman Birin mengatakan, apel tersebut merupakan bagian dari upaya bersama untuk memitigasi karhutla dan kekeringan yang terjadi di Kalsel.

“Dalam situasi seperti ini kita harus bersatu dalam semangat gotong royong dan peduli sesama, saya mengajak Pasukan Elang Darat Karhutla, bersama seluruh SKPD dan ASN dilingkungan Pemprov Kalsel untuk berperan aktif dalam upaya mitigasi ini” kata Paman Birin.

Selain itu Paman Birin juga menjelaskan, beberapa bentuk bantuan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk menjemput bola secara aktif mendatangi lokasi-lokasi dalam membantu masyarakat yang terdampak.

Baca Juga :   Paman Birin Bagikan Bantuan hingga Santunan Khitanan, Di HUT Proklamasi ALRI

“Kita pastikan pasokan air bersih dengan mendatangi lokasi-lokasi yang membutuhkan bantuan air bersih, membersihkan semak belukar yang berpotensi terjadi titik-titik api, pembasahan lahan, menyediakan layanan kesehatan untuk memberikan pertolongan dan perawatan serta membagikan masker kepada masyarakat.”jelasnya.

Paman Birin berharap ujarnya, upaya ini bisa menginspirasi warga Kalsel untuk lebih peduli, tanggap, dan siap dalam situasi darurat.

“Segala upaya yang telah kita laksanakan dapat menginspirasi seluruh warga Kalsel agar lebih peduli, lebih tanggap terhadap lingkungan dan lebih siap menghadapi situasi darurat.”ujar berharap.

Pada kesempatan itu pula, Paman Birin meminta kepada Bupati atu Walikota se-Kalsel turut siaga, dalam penanganan karhutla dan kekeringan.

Setelah apel selesai, Paman Birin juga mengecek kondisi peralatan dan sarana prasarana masing-masing SKPD. Ia memastikan bahwa peralatan tersebut dalam kondisi prima, siap mendukung penanganan bencana, dan dapat menyelamatkan nyawa serta lingkungan. (adpim/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.