Pemda Fasilitasi UMKM Dengan Pinjaman Tanpa Bunga

oleh -10 Dilihat
Teks foto. Paman Gundul salah satu pelaku UMKM pada bidang oleh-oleh khas Balangan di Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

INIBERITA.id, BALANGAN- Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Balangan memfasilitasi, para pelaku usaha kecil mikro menengah (UMKM), dengan pinjaman tanpa bunga di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalsel, dengan syarat di antaranya sudah menjalani usaha selama dua tahun.

“Tentunya program ini untuk mendorong kegiatan masyarakat, dengan memberikan bantuan permodalan agar meningkatkan UMKM sehingga memperkuat ekonomi kerakyatan,” kata Bupati Balangan Abdul Hadi, di Paringin. Selasa(24/1/23).

Dijelaskan bupati, warga yang bisa menikmati program ini, dari berbagai sektor usaha baik pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, UMKM dan sektor lainnya.

Pinjaman tanpa bunga ini, akan dibebaskan biaya administrasi, dengan jumlah pinjaman sendiri dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR), warga bisa meminjam maksimal Rp20 juta dan untuk di Bank Kalsel maksimal pinjaman Rp50 juta.

“Pemerintah daerah sendiri telah melakukan penyertaan modal usaha untuk UMKM Balangan ke BPR Paringin sebesar lima miliar di APBD-P 2022,”jelasnya.

Menurut Abdul Hadi, dana ini khusus dipinjamkan untuk pelaku UMKM Balangan dengan pinjaman tanpa bunga.

Baca Juga :   Berikan Penghargaan, Kapolres Balangan Apresiasi Personel berprestasi

Hal ini sebagai bentuk apresiasi Pemkab Balangan, terhadap pelaku UMKM yang telah berjuang untuk pertumbuhan ekonomi keluarga dan ekonomi daerah.

“Semoga program ini segera terwujud pada bulan Februari 2023 mendatang,”bupati berharap.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM oleh-oleh khas Balangan, Paman Gundul menilai, program yang dibuat oleh pemerintah daerah tersebut, sangat bagus untuk para pelaku UMKM.

“Semoga sesuai harapan dapat segera terwujud untuk menambah modal usaha kami nantinya,”tambahnya.(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.