Pemkab Balangan Tanam Porang Dengan Program Pokar

oleh -270 Dilihat
Bupati Balangan Abdul Hadi, Dandim 1001/ HSU-BLG Letkol Inf Aldin Hadi dan Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, melakukan penanaman porang bersama.

INIBERITA.id, BALANGAN- Pemerintah Kabupaten Balangan melakukan penanaman porang, dengan program Porang Karet (Pokar), di Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan.

“Penanaman porang dengan program Pokar ini pertama kali kami lakukan di Balangan, yaitu dilakukan secara tumpang sari pada lahan karet milik warga,” kata Bupati Balangan Abdul Hadi kepada awak media, Kamis (31/3/22).

Menurut Bupati, dengan adanya program Pokar ini, adalah untuk menjamin kegiatan ekspor porang yang sudah dilakukan, oleh petani di wilayah Kabupaten Balangan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui hasil pertanian pada tanaman porang.

Selain itu, program Pokar dilakukan, karena saat ini ada petani yang tidak memiliki lahan, tapi memiliki kebun karet. Melalui program tumpang sari ini, agar ke depannya petani yang memiliki kebun, bisa meningkatkan pendapatannya melalui varietas lain.

Sisi lain, sebagai upaya peningkatan pertanian porang secara berkelanjutan, para petani nantinya akan didampingi, oleh Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di wilayah Balangan untuk pengelolaan tanaman porang, mulai dari pengolahan lahan, pemilihan bibit, penanaman, pemeliharaan hingga penjualan.

“Hal ini sebagai bentuk dukungan serius dari Pemkab Balangan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, kami akan arahkan dinas terkait menganggarkan dana untuk pengadaan bibit pada anggaran perubahan,”unkap bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan Kabupaten Balangan. Tuhalus menjelaskan, pihaknya akan berupaya mengembangkan dan meningkatkan hasil produksi porang di Kabupaten Balangan.

Program Pokar ini, menjadi ikon baru bagi bidang pertanian di Kabupaten Balangan, diharapkan dapat bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat, terutama bagi petani yang berkecimpung, pada tanaman porang karet.

“Pihaknya telah melakukan studi banding untuk petani porang yang mana, hasil porang dianggap sangat menjanjikan dan mampu membuat para petani menjadi miliarder,”jelasnya.(wan/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.