RSDKH Balangan Siap Layani Konsultasi Jiwa Bagi Masyarakat

oleh -102 Dilihat
Teks foto. Direktur RSUD Datu Kandang Haji Balangan drg Sudirman.

INIBERITA.id, BALANGAN- Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Datu Kandang Haji (RSDKH) Balangan drg. Sudirman saat ditemui di Balangan, Jumat (12/1/2024).

Rumah Sakit Umum Daerah Datu Kandang Haji (RSDKH) Balangan, Kalimantan Selatan siap memberikan fasilitas pelayanan kejiwaan bagi masyarakat yang terindikasi mengalami depresi atau gangguan jiwa.

“Selama ada dokter jiwa kita harus melayani semua pasien, termasuk pasien-pasien yang terindikasi mengalami gangguan jiwa akibat gagal pada Pemilu 2024 nanti,” kata Direktur RSDKH Balangan drg. Sudirman di Balangan, Jumat (12/1/2024).

Sudirman menuturkan RSDKH Balangan menyediakan ruangan rawat inap berkapasitas 100 unit tipe C bagi pasien yang mengalami gangguan jiwa.

Sudirman menerangkan ciri-ciri seseorang mengalami gangguan jiwa ringan atau sedang bisa merasakan perilaku yang berbeda mulai dari cemas, jantung berdebar, sakit kepala hingga keluhan pada saluran pencernaan.
Sementara itu, gejala pasien gangguan jiwa berat menunjukkan perilaku yang tidak biasa, seperti perilaku normal sehari-hari.

“Potensi terjadinya gangguan jiwa juga sangat tergantung pada berbagai hal, penyebabnya yaitu bisa faktor genetik, pola asuh, psikologis serta sosial lainnya,” tutur Sudirman.

Baca Juga :   Pasar Murah Disperindag Balangan di Desa Gulinggang Laris Manis Diserbu Warga

Terkait fenomena calon legislator (caleg) yang gagal terpilih pada Pemilu 2024 berpotensi depresi atau gangguan jiwa, Sudirman mengungkapkan tidak semua calon wakil rakyat tersebut dapat mengalami gangguan jiwa karena individu yang menentukan kesiapan.

Terakhir, ungkap Sudirman, RSDKH Balangan juga menyediakan layanan konsultasi melalui daring bagi caleg yang merasa malu untuk menanyakan kondisi kejiwaan usai mengikuti Pemilu 2024, karena layanan ini bisa mengamati (observasi) terlebih dahulu terkait kondisi psikis seseorang.(iwn/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.