Sejumlah Habib, Pejabat Penuhi Undangan Haul Ke-7 Haji Sulaiman HB

oleh -242 Dilihat

INIBERITA.id, MARABAHAN- Sejumlah habib dan pejabat Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/ kota, penuhi undangan Haul ke-7 Haji Sulaiman HB yang digelar Keluarga besar hasnur Group, di kubah Datuk Abdussamad Sekeluarga di Marabahan, Kabupaten Barito Kuala, Rabu (30/3/2022).

Diantaranya, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Inf Rudy Puruwito dan Bupati Barito Kuala Noormiliyani.

Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, Habib Quraisy Baharun dari Cirebon, Habib Ali Zainal Abidin dari Surabaya, Habib Haidar Al Hamid Tanggul, Habib Fahmi Al Muhdhor Probolinggo, KH Ahmad Sanusi Iberahim (Guru Jaro), KH Muhammad Qomaruddin (Guru Busu) dan KH. M. Asqolani Lc dan H. Mohammad Mobarak serta Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie.

Habib Quraisy Baharun dalam tausiyahnya mengatakan, sejak 2009 sudah terjalin ikatan kekeluargaan, dengan H Abdussamad Sulaiman HB. Menurutnya, sangat pantas gelar tokoh banua disematkan kepada mendiang.

“Warga Kalimantan Selatan khususnya, warga Kalimantan umumnya bisa mengambil contoh-contoh yang sangat baik dari pada almarhum Haji Abdussamad Sulaiman,”katanya.

Baca Juga :   Ciptakan Situasi Aman, Personel Kapal Polisi XIII-2002 Lakukan Patroli Rutin

Secara tegas, Habib Quraisy mengingatkan kepada para jemaah. Negara akan perlahan hancur digerogoti kepentingan politik pribadi dan golongan, sedangkan mendiang selalu berkonsultasi, kepada para ulama dalam mengambil keputusan bisnis,” Tak hanya itu, bahkan Haji Leman juga meminta petunjuk ulama, dalam mengambil kebijakan politik,”tegas Habib.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengungkapkan, Haji Leman yang dikenal masyarakat, adalah sosok seorang ayah dan dia berharap, segala kebaikan almarhum, kepada masyarakat dan pembangunan daerah, menjadi ladang pahala jariah, “Semoga beliau mendapat rahmat Allah subhanahu wa ta’ala,”ungkapnya.

Kemudian, bagi Ketua DPRD Kalsel Supian HK, menganggap Haji Leman selayaknya ayah, banyak memberi contoh kebaikan yang dapat dipetik, dari kiprah almarhum semasa hidup.

“Beliau banyak berkontribusi untuk banua Kalsel, beliau dengan masyarakat, ulama, habib, umara dan keluarga, hal ini yang harus kita petik. Kesannya yang paling membekas, saya jadi Ketua DPRD Kalsel karena bimbingan dan didikan beliau,”ujarnya.

Mewakili keluarga besar Hasnuryadi Sulaiman mengucapkan, terimakasih atas kehadiran para undangan, terkhusus dari kalangan para habaib dan ulama, jauh-jauh datang untuk memenuhi undangan haul ayahndanya ini.

Baca Juga :   Ciptakan Situasi Aman, Personel Kapal Polisi XIII-2002 Lakukan Patroli Rutin

Selanjutnya, Hasnur juga memohon maaf, kepada masyarakat umum, karena undang acara haul terbatas. Dia pun meminta pengertian masyarakat, acara digelar terbatas karena ketentuan protokol kesehatan.

H Hasnuryadi Sulaiman

Di sisi lain, Hasnur meminta bimbingan para alim ulama dan tokoh, agar dia dan saudara-saudaranya mampu mewarisi dan mengamalkan yang telah yang dicontohkan sang ayah dan ibu.

“Atas nama keluarga besar abah tercinta Haji Abdussamad Sulaiman bin Haji Basirun dan mama hajjah Nurhayati binti Anang Dia mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya dan memohon doa mudahan abah tercinta dan mama tercinta diberikan tempat terbaik di sisi Allah,”ujarnya.(benk/iniberita/klikalsel)