Senam Kayuh Baimbai Menjadi Khas dan Identitas Kota Banjarmasin

oleh -11 Dilihat
Senam Kayuh Baimbai Menjadi Khas dan Identitas Kota Banjarmasin

INIBERITA.ID, BANJARMASIN – Memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 dan Hari Jadi ke-496 Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota Banjarmasin resmi melaunching Senam Kayuh Baimbai sebagai senam milik bersama warga Kota Berjuluk Seribu Sungai itu.

Senam itu dilaunching oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina. Turut hadir, Sekda Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, unsur Forkopimda, SKPD, Ketua TP-PKK, Hj. Siti Wasilah, Wakil Ketua TP-PKK, Hj. Hardiyanti, Ketua KONI Kota Banjarmasin, H. Hermansyah serta para instruktur senam dari KORMI Kota Banjarmasin.

H Ibnu Sina menyampaikan senam Kayuh Baimbai merupakan senam khas Banjar yang diinisiasi oleh KORMI Kota Banjarmasin dan kemudian diperkenalkan dan disosialisasikan ke seluruh lapisan masyarakat Kota Banjarmasin.

“Apreasi setinggi-tingginya kepada teman-teman KORMI Kota Banjarmasin dan senam ini saya nyatakan boleh dipelajari disosialisasikan, karna ini adalah milik bersama, bukan milik seseorang, tetapi milik kita semua,” kata Ibnu Sina.

Oleh karena itu, ujarnya, senam Kayuh Baimbai disosialisasikan keseluruh warga dari sekarang dan dari Balai Kota, dalam momentum Hari Jadi ke-496 Kota Banjarmasin, Serta senam tersebut diharapkannya mampu menjadi kebanggaan warga Kota Banjarmasin.

Baca Juga :   Lensa DPRD Banjarmasin Edisi Desember 2022

“Pada hari ini sama-sama kita latihan disini, launching hari ini, dimasyarakatkan ke semua Kecamatan dan Kelurahan dan mudah-mudahan, senam ini menjadi senam kebanggaan kita semua dan identitas Kota Banjarmasin kedepannya,” harapnya.

Selain itu, H Ibnu Sina menjelaskan kreasi senam Kayuh Baimbai merupakan milik bersama, “baik saya kira demikian, saatnya kita kayuh baimbai, bergotong royong, mendayung bersama, supaya sehat, bugar sebarataan,” ucapnya.

“Dengan Bismillahirrahmanirrahim, senam Kayuh Baimbai, pada hari ini ulun nyatakan kita launching secara resmi, selamat mengikuti dan mudah-mudahan kita semua diberikan keberkahan keafiatan kesehatan,” tambahnya.

Sementara itu, sesaat, sebelum launching, Senam Kayuh Baimbai, juga digelar penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) antara Pemerintah Kota Banjarmasin dengan Bank BRI terkait layanan penerimaan pembayaran retribusi melalui fasilitas E-Channel BRI, di Panggung depan Halaman Balai Kota Banjarmasin. (Pemko/iniberita.id)