Tim Pakem Kejari Balangan Gelar Rapat Badan Koordinasi

oleh -31 Dilihat
Foto.Tim PAKEM Kejari Balangan saat melakukan rapat koordinasi.

INIBERITA.id, BALANGAN- Kejaksaan Negeri (Kejari) Balangan melalui Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) Bidang Intelijen menggelar rapat badan koordinasi dengan para pihak terkait di Aula Kejari Balangan.

“Rakor Pakem ini bertujuan untuk mengawasi dan mendeteksi dini terhadap aliran-aliran kepercayaan dan aliran-aliran keagamaan yang ada di kalangan warga masyarakat,” kata Kajari Balangan La Kanna didampingi Ketua Tim Koordinasi Pakem Raj Boby C.F di Paringin, Selasa (7/6/22)

Dikatakan Kajari, rapat koordinasi Pakem juga merupakan wadah untuk berbagi tentang aliran kepercayaan dan aliran keagamaan khususnya yang ada di wilayah hukum Kejari Balangan.

Selain itu, rapat koordinasi juga untuk menguatkan sinergitas dan kerja sama dalam deteksi dini terhadap aliran kepercayaan kelompok masyarakat yang berpotensi dapat mengganggu ketertiban umum.

“Pelaksanaan tugas dan kewenangan kejaksaan pada bidang ketertiban dan ketenteraman umum, untuk melakukan pengawasan terhadap ajaran atau faham aliran kepercayaan masyarakat dan aliran keagamaan yang meresahkan masyarakat,”katanya.

Di samping itu, Kepala Kantor Kemenag Balangan Saribuddin mengungkapkan, dirinya berharap tim Pakem bisa membawa kesejahteraan di Bumi Sanggam serta dengan kemajemukan ini bisa bersama-sama menjaga agar tetap tenteram dan damai antar umat beragama serta aliran kepercayaan di Balangan.

Baca Juga :   Bocah 12 tahun Hanyut Terseret Air Banjir Ditemukan Meninggal

“Balangan salah satu daerah yang memiliki kemajemukan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan, majemuk hanya di Indonesia yang bisa bersatu alhamdulillah kita bisa bersatu dan salah satunya di Bumi Sanggam Balangan ini,”ungkapnya.

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri jajaran Kodim 1001/HSU-Balangan, Polres Balangan, Badan Kesbangpol, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, para tokoh adat, tokoh agama dan tokoh aliran kepercayaan.(wan/iniberita)