Desa Muara Jaya Wakili Kabupaten Balangan Dalam Lomba PHBS Tingkat Provinsi

oleh -1068 Dilihat
Teks foto.Kunjungan tim penilai lomba Desa/Kelurahan ber-PHBS tingkat Provinsi Kalsel di Desa Muara Jaya, Kecamatan Awayan, Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN- Desa Muara Jaya, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan menjadi sorotan dalam partisipasinya mengikuti penilaian Desa/Kelurahan ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (ber-PHBS) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024, Kamis (15/8/2024).

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Pemberdayaan Masyarakat dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Syarkiah, menyatakan bahwa Desa Muara Jaya adalah desa kedelapan yang dikunjungi dalam rangka verifikasi desa ber-PHBS. Dari sembilan desa atau perwakilan kabupaten yang dinilai.

“Kami akan survei tidak hanya data yang dikirimkan, tetapi juga memverifikasi apakah data tersebut sesuai dengan kondisi lapangan. Tidak hanya cek data dan juga juga rumah yang dijadikan sampel untuk mensurvei PHBS,” ujarnya.

Syarkiah menambahkan, penilaian berfokus pada 10 indikator PHBS yang diterapkan di tatanan rumah tangga. Tim verifikasi akan memeriksa apakah indikator tersebut telah diterapkan dengan baik di desa tersebut.

Syarkiah berharap untuk praktik PHBS ini tidak hanya diterapkan saat penilaian saja, tetapi harus menjadi budaya sehari-hari.

“Kami sangat mengharapkan perilaku hidup bersih dan sehat itu menjadi budaya, misalnya menimbang bayi dan balita setiap bulan, konsumsi sayur dan buah, tidak merokok di dalam rumah, memiliki jamban yang sehat, dan rutin melakukan aktivitas fisik,” harap Syarkiah.

Baca Juga :   Kepala SKPD Serentak ke Luar Kota, Dapat Kritikan dari Ketua Dewan Banjarmasin

Sementara itu, Kepala Desa Muara Jaya, H. Suhaimi, menyambut baik kedatangan tim penilai dari Provinsi Kalimantan Selatan. Menurutnya, kegiatan ini adalah kesempatan untuk mengevaluasi implementasi PHBS di desanya.

“Kedatangan tim dari provinsi untuk melihat, menilai, dan mengevaluasi hasil kegiatan pembangunan khususnya yang berhubungan dengan PHBS 10 indikator,” ujar Suhaimi.

Ia berharap melalui kegiatan ini, kesehatan masyarakat dapat semakin meningkat dan Desa Muara Jaya dapat menjadi perwakilan Kabupaten Balangan dalam bidang kesehatan.

“Dengan hasil kegiatan ini, kami berharap dapat menjadi contoh bagi desa lain. Tidak hanya untuk mencapai juara, tetapi agar masyarakat merasa bangga dan terhormat dengan hadirnya pemerintah di sini,” tambahnya.(iwn/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.