Dinkes Minta Warga Waspadai Penyebaran Virus Cacar Monyet

oleh -1438 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, BALANGAN- Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan minta kepada warga waspadai, terhadap penyebaran virus cacar monyet atau Monkeypox (Mpox), saat ini telah tersebar di wilayah Indonesia.

Plt Kadinkes Akhmad Sauki menegaskan, ada beberapa macam gejala awal yang penyerang dari sederita, apabila terkena virus Mpox, antara lain dikenali dulu adalah demam, sakit kepala, nyeri otot dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Ditambahkan Akhmad Sauki, apabila ada masyarakat yang mengalami gejala virus cacar monyet, maka warga segera mungkin datang ke Puskesmas maupun ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan secara dini.

“Kami minta kepada warga untuk mewaspadai terhadap virus cacar monyet ini, karena penyakit untuk saat ini sudah mulai tersebar di daerah, tidak ada kemungkinan di Balangan ini,”tegasnya. Rabu (4/9/2024).

Akhmad Sauki mengatakan, upaya untuk dilakukan itu, sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya kasus cacar air tersebut, dengan meningkatkan kewaspadaan, deteksi dini dan respon cepat, guna mengetahui serta terus memantau perkembangan situasi dan informasi penyakit Mfox di masyarakat.

Selain itu melaksanakan berbagai upaya pencegahan lainnya,  di antaranya melakukan koordinasi dan komunikasi intensif,  dengan pihak terkait serta penguatan surveilans.

“Dengan berbasis masyarakat yang didukung,  oleh tim surveilans Puskesmas dan meningkatkan kemampuan pelayan serta rujukan,”katanya.(iwn/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.