Peringati Hari Lingkungan Hidup, Walikota Ibnu Sina Bersama Warga Bersihkan Sungai Alayung Sungai Andai

oleh -1547 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, BANJARMASIN – Memperingati Hari Lingkungan Hidup 2023, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan jajarannya bersama warga, menggelar kegiatan bersih-bersih Sungai.

Tahun ini, Pemko Banjarmasin dalam peringati Hari Lingkungan Hidup membersihkan Sungai Alayung, di Jalan Kayu Manis, Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara.

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggelar kegiatan bersih-bersih sungai. Kamis (22/6/23) lalu.

Selain bersih-bersih Sungai Alayung dan juga melaksanakan penanaman pohon, hingga melepas cairan Eco Enzyme ke sungai.

Dalam kegiatan bersih-bersih sungai itu, banyak ditemukan eceng gondok dan enceng gondong tersebutnya, akan dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan.

“Insya Allah ada, memang ini yang kami bahas dengan Wakil Walikota dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup,”ungkap Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, saat kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup.

Walikota Ibnu Sina mengatakan, pihaknya akan memberdayakan kembali Tempat Pembuangan Sampah (TPS) 3R dan bank sampah induk untuk memaksimalkan, agar enceng gondok bisa dikelola dan menjadi sebuah produksi yang ekonomis untuk warganya.

“Apalagi kita sudah ada kerja sama dengan Bantul dan mereka siap menerima berapa pun banyaknya, hal ini dengan kualitas yang bagus,”katanya.

Baca Juga :   Ada Laporan Resmi, BK DPRD Banjarmasin Siap Tindaklanjuti

Sebelumnya, Ibnu menjelaskan, pihaknya sempat melakukan pengolahan eceng gondok ini, tetapi terhenti dan berencananya akan memberdayakan kembali.

“Selama ini bank sampah kita fokus di anorganik seperti kaleng, kantong plastik, beling, kaca, botol plastik, kertas dan lainnya, ke depannya organik seperti sisa sayur dan buah, kotoran hewan hingga daun kering juga akan dimanfaatkan, dengan memberdayakan masyarakat sekitar,”jelasnya.

Menurutnya, sampah tersebut bisa dipakai untuk budidaya Maggot, karena maggot itu rakus sekali makan sampah organik.

“Jadi limbah organik bisa banyak sekali yang langsung dihabiskannya. Mudah-mudahan bisa terlaksana, kembali akan dicoba dibeberapa bank sampah,”ujarnya (silvi/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.