Puluhan Tim se-Kalsel ramaikan lomba Balogo

oleh -73 Dilihat
Bupati Balangan Abdu Hadi nampak ikut dan memainkan olahraga tradisional Balogo, berkaitan dengan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Balangan yang ke-19 tahun.

INIBERITA.id, BALANGAN- Sebanyak 72 tim se-Kalimantan Selatan (Kalsel), meramaikan lomba Balogo di Kabupaten Balangan.

Diselenggarakannya permainan tradisional, di kota julukan Bumi Sanggam ini, berkaitan dengan hari jadi (harjad) Kabupaten Balangan yang ke-19 tahun dan dibuka langsung oleh Bupati Balangan Abdu Hadi. Sabtu (19/3/22)

“Mari kita ingatkan kembali, bahwa permainan tradisional ini, berasal dari kekayaan kebudayaan daerah serta harus tetap menjadi khazanah kekayaan daerah,”kata Bupati Balangan Abdul Hadi yang turut mengikuti dalam kegiatan tersebut.

Orang nomor satu dilingkungan Pemerintah Kabupaten Balangan ini mengungkapkan, dirinya meminta kepada setiap elemen masyarakat Balangan, agar dapat ikut berperan dan mendukungnya.

Dengan memperkenalkan serta memasyarakatkan, permainan tradisional balogo ini, khususnya kepada para anak cucu, mulai dari balita hingga remaja dari kemusnahan atas permainan tersebut.

“Saya sebagai pimpinan daerah sangat mendukung, upaya-upaya pelestarian permainan tradisional ini dan berharap adanya keselarasan antar pihak terkait, agar saling mendukung,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana kegiatan Yazid Fahri, menjelaskan, kegiatan permainan balogo ini digelar, dalam rangka menyambut ulang tahun ke-19 Kabupaten Balangan yang jatuh pada 8 April 2022 nanti.

Baca Juga :   Skor 1-0, Bola Banua Juarai Sepakbola Legenda 2022

Dari 12 kabupaten dan 2 kota di Provinsi Kalsel tersebut, ada 11 kabupaten dan 1 kota, masing-masing mengirimkan perwakilannya untuk meramaikan. permainan balogo di Balangan ini.

“Sebanyak 72 tim yang ikut permainan balogo tersebut, tetapi Kabupaten Kotabaru,Tanah Bumbu dan Kota Banjarbaru yang tidak hadir karena berhalangan,” jelasnya.

Menurut Yazid Fahri, tim Kabupaten Balangan sendiri, sudah cukup dikenal para peserta di Kalsel, karena kerap masuk dalam tiga besar, pada lomba yang dilaksanakan.

“Saingan terberat yakni Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, karena memang tim dari kabupaten tersebut sering masuk dalam persaingan di tiga besar,”ujarnya.(wan/iniberita.id)