Warga Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Bahaya Kebakaran

oleh -41 Dilihat
Wakil ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali tingkat kewaspadaan bahaya kebakaran warga

INIBERITA.id, BANJARMASIN- DPRD Kota Banjarmasin minta warga kota seribu sungai, meningkatkan kewaspadaan, terhadap bahaya kebakaran, sekarang ini sering terjadi khususnya selama bulan suci Ramadhan ini.

Menurut Wakil ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali, perlu diperhatikan selama bulan Ramadhan ini, disaat warga melakukan aktivitas memasak dan menyiapkan hidangan waktu berbuka puasa, serta saat sholat tarawih, diminta betul-betul periksa semua peralatan dapur dan listriknya.

Kebakaran ini kejadian disebabkan, warga lupa memeriksa kembali, setelah selesai melakukan aktivitas didapur, yakinkan bawa kondisi peralatan dapur sudah aman.

“Saya berharap warga kota lebih meningkatkan kewaspadaannya bahaya kebakaran, warga jangan tidak boleh lengah musibah kebakaran tersebut,” ujarnya kepada wartawan. Jumat (1/4/22).

Politisi Partai Golkar ini mengungkapkan, jika lampu PLN mati, warga di Kota Banjarmasin untuk berhati-hati saat menggantinya, dengan alat penerangan lain, seperti lilin dan lampu temple untuk dapat memastikan posisinya sudah aman, jauh dari benda-benda yang mudah terbakar.

Selanjutnya, saat meninggalkan rumah pastikan, sudah tidak ada colokan listrik yang tidak terpakai masih menepel, lebih baik dicabut, karena itu semua bisa menimbulkan terjadinya bencana kebakaran.

Jalur listrik yang usianya sudah tua, perlu di waspadai, dikhawatirkan ada kabel yang sudah meleleh atau lecet akibat gigitan tikus atau hewan lainnya, apabila terjadi gerekan akan menimbulkan api yang bisa menimbulan kebakaran.

“Dengan berhati-hati lagi dengan nyaman, aman, tidak ada warga yang bersedih akibat menjadi korban musibah kebakaran,”ungkapnya.(benk/iniberita)