Kawal Pembangunan Daerah, Organisasi Wartawa Gelar Deklarasi Konsorsium Pers Banua

oleh -618 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, BANJARMASIN – Sejumlah wartawan banua yang merupakan konstituen Dewan Pers, pada tahun 2023 ini menjadi momen bersejarah menggelar Deklarasi Konsorsium Pers Banua untuk mengkawal pembangunan.

Seperti organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Kalsel.

“Kami kesepakatan bersama organisasi wartawan yang ada di Banua untuk membentuk konsorskum pers banua,”ungkap Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie, Kamis (23/6/23) pagi.

Kesepakatan ini kata Helmie panggilannya, bukan hanya soal pendidikan wartawan, tapi kontribusi wartawan terhadap daerah.

Karena, melihat maraknya berita dan praktik jurnalisme yang mengabaikan kode etik, maka dibutuhkan peran pers banua untuk mengawal pembangunan daerah dan Pemilu 2024 mendatang.

“Melalui momen Pemilu ini, kita ingin pers cerdas dan profesional, sehingga bisa ikut mengawal Pemilu dan pembangunan daerah dengan baik. Dampaknya bukan hanya masyarakat pers tapi masyarakat Banua,”katanya.

Terkait Pemilu ini Helmie ujarnya, dirinya mengimbau kepada wartawan, agar bersikap profesional dan independen, bahkan Jangan sampai dalam pemberitaan mendiskreditkan salah satu pihak, tulislah sesuai dengan fakta.

Baca Juga :   Festival Gerbang Nusantara Dibuka dengan Permainan Tradisional Balogo di Banjarbaru

Bahkan, pihaknya merencanakan ingin menggelar pelatihan penulisan Pemilu, bagi wartawan bbanua.

“Akan kita coba komunikasikan dengan KPU dan Bawaslu,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalsel Dina Qomariah menegaskan, Konsorsium Pers Banua yang sudah dibentuk, bisa mewujudkan pers yang bermartabat.

“Saya yakin konsorsium untuk menguatkan insan pers dari berbagai organisasi untuk solid dan mencerdaskan Banua,”tegasnya.

Selain itu ungkap Dina penggilan akrabnya, dengan dibentuknya konsorsium mampu memperkuat peran masyarakat pers banua untuk memberikan kontribusi, melalui pemberitaan yang berkualitas

“Saya berharap pers di Kalsel dapat menjadi pilar demokrasi dalam menjalankan fungsi kontrol sekaligus menjadi mitra bagi semua stakeholder dalam mewujudkan Kalsel yang lebih sejahtera,”ungkapnya.(benk/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.