Peduli Kesejahteraan Buruh, Paslon Yamin-Ananda Bersilaturahmi ke Koperasi TKBM Samudera Nusantara Pelabuhan Banjarmasin

oleh -1381 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin nomor urut 02, H Muhammad Yamin HR dan Hj Ananda melakukan kunjungan ke kantor Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Samudera Nusantara Pelabuhan Banjarmasin, pada Kamis (24/10/2024).

Dalam kunjungan itu, passlon nomor urutr 02 ini, menyampaikan visi misi mereka dan mendengarkan langsung keluhan serta aspirasi buruh bongkar muat, di Kota Banjarmasin.

Dalam pertemuan itu, salah satu isu utama yang diangkat, oleh para buruh adalah perpindahan sandar kapal dari Pelabuhan Trisakti ke Pelabuhan Martapura Baru, para buruh khawatir perpindahan ini, akan berdampak negatif pada kesejahteraan mereka, terutama terkait dengan pengurangan upah dan peluang kerja.

H Muhammad Yamin HR, calon Wali Kota Banjarmasin nomor urut 02 menegaskan, pentingnya pemerintah untuk meninjau ulang aturan, terkait perpindahan kapal ini.

“Hari ini banyak hal yang disampaikan dan kami telah mendengar aspirasi dari para buruh. Salah satunya adalah masalah perpindahan sandar kapal yang dianggap akan mengurangi kesejahteraan anggota TKBM Banjarmasin,”tegas Yamin.

Baca Juga :   Jemput Aspirasi Konstituen, Ketua Fraksi Golkar Rudy Heriyadi Reses Perdana

Menurutnya, perpindahan kapal ke Pelabuhan Martapura Baru, dapat menyebabkan pengurangan pendapatan buruh, karena berdasarkan informasi upah di pelabuhan, lebih rendah dibandingkan di Trisakti.

“Jika kapal-kapal pindah ke sana, upah yang diterima buruh juga akan lebih rendah, dan ini tentunya merugikan mereka,” ujarnya.

Yamin juga menyoroti, bahwa aturan tentang ukuran kapal yang dapat bersandar di Pelabuhan Trisakti, harus dikaji ulang. Jika ada aturan yang mengatur ukuran kapal yang harus masuk ke Pelabuhan Trisakti.

Maka aturan itu harus tegak, tidak boleh kapal-kapal ini pindah ke wilayah lain, hanya demi mencari upah yang lebih murah, perlu garisbawahi pentingnya menjaga, agar perpindahan kapal tidak mengurangi pendapatan dan pekerjaan para buruh Banjarmasin.

“Pemerintah harus hadir untuk memastikan aturan dilaksanakan dengan baik dan agar buruh tidak dirugikan,”tambahnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi TKBM Samudera Nusantara Pelabuhan Banjarmasin Muhammad Noor  mengungkapkan, dirinya menilai bahwa perpindahan kapal ke Martapura Baru itu, merugikan buruh yang bekerja di bawah koperasi TKBM.

Baca Juga :   Gelar Reses Perdana, Ketua DPRD Rikval Fachruri Siap Kawal dan Perjuangkan Aspirasi Warga

“Kami merasa dirugikan dengan perpindahan kapal ini, yang sebelumnya selalu sandar di Trisakti namun sekarang dialihkan ke Pelabuhan Martapura Baru,” ujarnya.

Pihaknya berharap ujarnya, jika pasangan Yamin-Ananda terpilih, mereka dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi buruh bongkar muat, masalah di lingkungan koperasinya terutama terkait pelabuhan.

Ia juga optimis jika pasangan ini terpilih, komunikasi antara pemerintah dan buruh akan semakin baik,”Mudah-mudahan harapan kami semoga beliau terpilih menjadi walikota dan kita pun nanti bisa terus saling komunikasi dengan beliau,”ujarnya.(ril/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.