Kasus Stunting dan Peningkatan Kualitas SDM Jadi Prioritas Kecamatan Lampihong

oleh -303 Dilihat
Teks foto. Kecamatan Lampihong saat menggelar Musrenbang di Gedung Serbaguna Lampihong.

INIBERITA.id, BALANGAN- Kasus penurunan stunting dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), menjadi prioritas Kecamatan Lampihong dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Balangan Rakhmadi Yusni mengatakan, usulan yang diterima di Kecamatan Lampihong ada sebanyak 223 usulan.

Kemudian, semua usulan-usulan tersebut, masih terus berlanjut hingga sampai di Musrenbang finalisasi yang akan dilaksanakan di tingkat kabupaten.

“Semua program yang diusulkan di Musrenbang akan kita kawal, karena ada menjadi prioritas,”katanya, di Paringin. Kamis(19/1/23).

Sementara itu, Plt Camat Lampihong Mariani mengungkapkan, untuk yang jadi prioritas usulan, pada Musrenbang adalah tentang penurunan angka stunting dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kecamatan Lampihong.

Karena menurutnya, angka stunting di Kecamatan Lampihong terbilang tinggi, di antara kecamatan lain jadi ini, menjadi prioritas usulan yang disampaikan pada Musrenbang.

Dalam usulan tersebut, juga ada rencana peningkatan fasilitas gedung pertemuan dan pembanguan Gedung Kreasi Anak Remaja.

Untuk kendala dalam penanganan stunting, di wilayah Kecamatan Lampihong, adalah tentang kesadaran masyarakat, terkait bahayanya stunting serta tentang pentingnya pola hidup sehat.

“Kendala dari penanganan stunting adalah tentang masyarakat yang menganggap biasa, karena banyak dari mereka menganggap ciri fisik badan kecil dari stunting adalah faktor keturunan,”ungkapnya.(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.